Pages

Minggu, 06 Oktober 2013

Film 5 CM. Kata Bijak, Dampak Positif Dan Dampak Negatifnya

Hai sobat ,wah mau jujur neh tapi bagaimana ya,, ehm,,,gmana ya,,, tapi lebih baik jujur daripada bohong, gini gini sob,, ini saya baru ajah lihat film yang lama sudah rilis di tahun 2012 tepatnya tanggak 12 bulan Desember 2012 film ini rilis. 5CM judulnya, Film yang diadaptasi dari Novel yang berjudul sama ini  yaitu 5 CM. bercerita tentang persahabatan 5 orang Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor Saykoji) dan disutradai oleh Rizal Mantovani sangat menarik dilihat.


Awal persahabatan yang utuh dan karena persetujuan berpisah selama 3 bulan tidak boleh bertemu dan pada Agustus sebelum tanggal 17 mereka akan bertemu kembali fedi Nuril mengajak keempat sahabatnya ke Malang. Dan si Gentha yang ingin membuat kejutan pun tidak memberitahu kepada 4 sahabatnya kenapa mereka dibawa ke Malang.
setelah sampai di malang baru petualangan mereka dimulai untuk mengalahkan ego fisik dan emosional,kerjasama dan team untuk medaki Gunung Semeru 3676 MDPL yaitu gunung aktif tertinggi di Pulau Jawa.

Dengan Nuril sebagai leader ke 4 temanya segera menjelaskan missi dan tekat dari pendakian tersebut.

- Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama. Kamu akan dikenang sebagai seorang yang percaya pada kekuatan mimpi dan mengejarnya, bukan seorang pemimpi saja, bukan orang biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seorang yang selalu percaya akan keajaban mimpi keajaiban cita-cita, dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasi dengan angka berapa pun… Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya.

*Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan… sehabis itu yang kamu perlu… cuma…

*Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak berbuat dari biasanya, mata yang akan menatap lebih banyak dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas.

*Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja….

*Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya….

*Serta mulut yang akan selalu berdoa….

*Taruh mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yg kamu mau kejar

*Kamu taruh di sini jangan menempel di kening.

*Biarkan dia menggantung mengambang 5 centimeter di depan kening kamu Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu.

*Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa.

*Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak Bisa menyerah.

*Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apa pun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri

*kalo lo yakin sama sesuatu , lo taroh itu di sini (kening) , abis itu lo kerja keras .. semampu kamu.
 Dan setelah berapa waktu pun sampai di poncak Mahameru juga walau harus terjatuh dan hipotermia pada 17 Agustus mereka bisa mengibarkan MERAH PUTIH di puncak mahameru.
Diatas adalah sedikit cuplikan tentang 5 CM. yang belum nonton segera nonton walau saya ketinggalan nonton pun,hampir 1 tahun ketinggalan saya bener bener terpukau dengan pemandangan Gunung Semerunya.Wow,,,saya bilang karena saya sendiri belum melakukan pendakian Semeru.
Dari cuplikan diatas didapat dampak positif dan negatif dari film tersebut.
1. Dampak Positif.
    Kaum muda sekarang karena film tersebut banyak yang tergugah menjadi pendaki mendadak, dan calon calon pecinta alam akan banyak bermunculan di indonesia ini. Dan untuk area shotting film ini yaitu TNBTS sekarang dibanjiri pendaki tercatat di tahun ini sampai bulan Agustus ada 8500 pendaki Semeru.dan ini angka drastis yang didapat dibanding tahun tahin sebelunya.
2. Dampak Negatif
     Dari pembuatan film ini sendiri memakan waktu 3 minggu di atas gunung Semeru dan tercatat rombongan sebanyak 100 orang, kru lokal 150 orang. Logistik seberat 1200 kg dadan peralatan sinematografi seberat 2500 kg, Dan membuat dapur umum untuk konsumsi setiap harinya ada 4 dapur umum.dan bayangkan Danau ranu kumbolo sampai digunakan untuk mencuci. selain itu dilangsir dari situs tambora.web.id rombongan menebang 3 pohon berusia 50 tahun dan 20 pohon berusia 25 tahun. Tidak disangka bukan didalam keelokan film itu ada hal hal yang bertentangan dengan kode etik Pecinta Alam.Dan disayangkan sekali hal ini. 

Jadi harapan kami para pendaki baru dari dampak film 5CM harap tetap mematuhi kode etik pecinta alam dan meniru hal hal yang menyimpang dari film tersebut. Kami sangat senang kalau semakin hari semakin banyak yang tergugah hatinya untuk merasakan Alam.tapi jangan asal asalan MENDAKI GUNUNG dan tertananm dalam hati cuman kepuasan sampai puncak karena puncak itu bukan yang paling utama Check di fans page Facebook kami yaitu BOYOPIKNIKER ada cuplikan kata dari admin seperti ini

Di alam kita belajar mengenal diri kita & orang lain,
Di alam pula kita belajar mengenal karakter & watak.
Dengan alam kita belajar sabar,ikhlas,toleransi,korsa,k
erja sama,kepercayaan,kesederhanaan,serta kesetiakawanan.

Karena mendaki bukan hanya utk menaklukan tingginya gunung,melawan hawa dingin,menunjukan kalo kalian mampu mendaki sampai puncak,terlebih lagi bukan hanya utk sekedar pndah tidur
.
Tetapi dlm sebuah pendakian lebih menekankan bagaimana kalian mengalahkan besarnya ego.

Jika dalam pendakian kalian tidak mendapatkan hal itu,maka kalian gagal dlm sebuah pembelajaran.
Hanya setumpuk rasa capek & lelah karena perjalanan jauh yang di ujudkan dlm sebuah gambar dgn ekspresi ceria,tetapi menyimpan kekecewaan.

Maaf jika kata"ku ada yang menyinggung temen" semua,
Bukan pula saya ingin menggurui,
Tetapi saya hanya ingin meluruskan saja akan apa arti sebuah pendakian.
Karena pendakian bukan hanya sekedar perjalanan sampai puncak,bukan pula hanya sekedar mendapatkan sunrise / sunset.
Tetapi pendakian lebih dari itu semua,
Atau mungkin karena bagi saya pendakian adl " Sebuah Pembelajaran Hidup ",
Dimana jika berhasil akn berdmpak + bagi kehidupan kita.
Selain itu banyak hikmah yang bisa di ambil dlm sebuah pendakian.

* Kita Di Tempa Untuk Berani Hidup & Untuk Menghargai Hidup *
Thanks

0 komentar:

Posting Komentar