Pages

Sabtu, 02 Agustus 2014

Pantai Depok Indah Dengan Tempat Pelelangan ikannya

Pantai Depok merupakan salah satu pantai di Kabupaten Bantul yang berlokasi di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek. Pantai Depok terletak tepat di sebelah barat Pantai Parangtritis.



Pantai ini memiliki areal yang cukup luas dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kecepatan angin yang cukup kencang menjadikan pantai ini seringkali dijadikan area untuk kegiatan festival layang-layang.


Di pantai ini terdapat tempat pelelangan ikan yang cukup besar,
sehingga pengunjung dapat membeli berbagai jenis ikan laut segar. Karena hasil tangkapan yang cukup besar jumlahnya, maka warga setempat pun membuka Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang kemudian dilengkapi dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) bernama Mina Bahari 45. Di pantai ini pengunjung bisa dengan mudah melihat banyak perahu nelayan yang sedang berlabuh di tepian pantai. Konon Pantai Depok dulunya hanyalah sebuah tempat memancing oleh orang-orang dari Cilacap. Namun, lama kelamaan pantai tersebut menjadi terkenal lantaran pasar ikannya yang harganya lebih murah jika dibandingkan dengan pasar kota.


Fasilitas umum yang disediakan di pantai ini meliputi kamar mandi, toilet, dan musholla. Di sekitar Pantai Depok juga menyediakan persewaan ATV untuk berkendara di sekitar pantai. Harga sewa ATV ukuran sedang adalah Rp. 25.000,00 per 15 menit. Sedangkan ATV ukuran besar yaitu Rp. 50.000,00 per 20 menit. Selain itu, ada beberapa warga yang menyewakan gantole, tetapi tidak disewakan untuk umum karena harganya cukup mahal. Peralatan gantole biasanya disewakan untuk komunitas tertentu.


Akses untuk menuju Pantai Depok sangatlah mudah. Selain itu, juga terdapat jalan beraspal yang menghubungkannya dengan Pantai Parangtritis, sehingga bila Anda ingin berkunjung juga ke Pantai Parangtritis, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk retribusi.


Selain keindahannya, Pantai Depok terkenal dengan wisata kulinernya. Sejumlah warung makan tradisional yang menyediakan menu wajib ikan laut dengan berbagai olahan turut meramaikan suasana pantai. Beberapa warung makan tersebut sengaja dirancang menghadap ke arah pantai, agar pembeli bisa menikmati pemandangan laut lepas dengan ombaknya yang besar. Kuliner yang dijajakan terdiri dari berbagai macam hasil olahan laut, seperti peyek udang dan undur-undur, belut, ikan bakar dan ikan goreng.

Selamat Berwisata.

/RED FLAG INDONESIA

0 komentar:

Posting Komentar