Pages

Senin, 10 November 2014

Goa Jepang Di Gunung Madu Boyolali

Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Kecamatan Klego dan juga Simo Kabupaten Boyolali, pastinya tidak asing lagi dengan keberadaan goa yang berada di perbukitan Gunung Madu.

Selain lokasinya di pinggir Jalan Raya Klego -Simo, goa tersebut jumlahnya cukup banyak, sehingga mudah diingingat oleh masyarakat.




Tapi, mungkin tidak banyak yang tahu, jika goa tersebut merupakan saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Jepang menjelang
kemerdekaan puluhan tahun silam.





Goa tersebut konon dijadikan tempat untuk persembunyian rakyat Indonesia dan para pejuang untuk mengelabuhi para tentara Jepang yang melintas di kawasan tersebut.


Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, banyak yang mengandalkan tempat tersebut untuk bersembunyi. Untuk mengelabui Jepang, mulut goa biasanya ditutup dengan rerumputan atau sampah sehingga tak terlihat dari luar. Belum pernah sekalipun, rakyat yang bersembunyi di dalam goa itu tertangkap oleh Jepang.


Hampir sekitar tujuh goa terlihat dari pinggir jalan, kawasan ini pun sontak jadi ramai dikunjungi oleh orang orang yang lagi pacaran karena disamping terdapat banyak goa, disampingnya sudah dibuat tempat peristirahatan sementara sambil melihat pemandangan yang luar biasa indahnya.

Belum banyak yang bisa diceritakan dari goa goa ini karena kawasan masih belum terkelola dengan baik, dan banyak harapan warga sekitar kawasan ini bisa dijaga dengan baik supaya bisa diceritakan untuk anak cucu mereka.

/RedFlag/Info

0 komentar:

Posting Komentar