Pages

Sabtu, 22 November 2014

Goa Lokake - Goa Terpanjang Di Dunia / Tanpa Ujung

Terletak di bawah kaki gunung, Distrik Usilimo menawarkan pesona alam indah nan hijau dengan objek wisata Goa. Ada banyal Goa disini da salah satunya adalah Goa Lokale


Lokasi Objek Wisata Goa Lokale adalah sebuah goa yang cukup panjang kedalamannya dan hingga kini belum diketahui dengan pasti kedalamannya. Panorama stalaktit dan stalagmit yang merupakan bentukkan  dari proses CaCo3 yang menjadi batu kapur dan membentuk corong yang menonjol ke arah lantai goa.



Jalan  masuk menuju lokasi Goa Lokale di Usilimo di tumbuhi pepohonan Pinus yang tinggi dengan taman peristirahatan yang sudah di bangun oleh pemilik lokasi tersebut, sehingga tidak saja menawarkan panorama goa yang dapat di kunjungi tetapi juga tempat berekrasi bersama rekan-rekan sekaligus menjadi objek wisata peristirahatan.

Lokasi Wisata di tumbuhi pepohonan yang rimbun serta disediakan juga sekitar 12 pendopo kecil yang dapat di gunakan untuk bersantai bersama keluarga ataupun kerabat apalagi untuk bersantap siang bersama.Selain itu, disediakan pula lahan seluar 10x20m yang dapat digunakan untuk bermain games bersama-sama, khususnya jika Anda datang bersama anak-anak dan keluarga yang cukup besar.

Tempat ini juga dapat dijadikan sebagai lokasi objek pemotretan bagi mereka yang suka dengan pemotretan di alam ataupun lansecap.


Keunikan tradisi Papua berpadu harmonis dengan keindahan alamnya. Salah satunya Goa Lokale yang berjarak 27 kilometer dari Wamena dan telah dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 1992.

Pada jalan setapak yang mengarah ke Goa Lokale, mengantar pengunjung menuju ke mulut goa. Untuk masuk ke dalam goa, diperlukan senter guna menyusuri goa yang berbatu dan jalan berkelok. Di dalam goa, wisatawan dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit yang bercahaya diterpa sinar.




Pada sisi dinding goa tersebut dapat mengeluarkan bunyi bernada bila dipukul. Irama sederhana akan terdengar bila diketuk secara beraturan.

Di tahun 1996, seorang ahli asal Amerika telah meneliti Goa Lokale, tetapi belum bisa menentukan berapa panjang goa ini. Pasalnya, ujung goa belum ditemukan juga. Aula pertama Goa Lokale berada sekitar 850 meter dari pintu goa. Sementara aula kedua berupa ruangan seluas sekitar 2 hektar dan berjarak dua kilometer dari aula pertama.



aik peneliti maupun warga lokal, hingga kini belum bisa menemukan ujung goa tersebut. Goa yang konon menurut cerita ujungnya sampai kota Jayapura.

/RedFlag/info

0 komentar:

Posting Komentar